Pendidikan menjadi praktisi utama dalam membentuk dan mengarahkan karakter siswa dengan pemegang sentral utamanya adalah pendidik. Tanpa adanya proses pendidikan, maka generasi masa depan akan mengalami kegoncangan yang begitu dahsyat. Saat ini proses pendidikan setiap tahapan akan disingkirkan oleh perkembangan teknologi yang begitu pesat. Perkembangan tersebut memiliki pengaruh terhadap proses pendidikan baik dari sisi positif maupun negatif. Seperti halnya pada era disrupsi yaitu perubahan yang terjadi secara masif, cepat, dengan perubahan yang sulit diprediksi. Oleh karena itu, perubahan akan terjadi sewaktu-waktu dari segala aspek terutama pendidikan dalam memanfaatkan teknologi yang menjadi tantangan yang besar bagi pendidik dalam membentuk karakter siswa pada era disrupsi. Dalam mengumpulkan informasi dilakukan metode pengumpulan data dari berbagai referensi seperti buku, jurnal, serta makalah di media internet dan perpustakaan. Hasil temuan kajian yang diperoleh bahwa teknologi perkembangan yang telah memberikan manfaat dalam proses pendidikan hanya sebagai alat untuk belajar yang dapat membuat siswa mengetahui segala hal, namun belum mampu membekali kecerdasan sosial dan emosional siswa. Dalam hal ini untuk membentuk karakter siswa pada proses pendidikan di masa era disrupsi diperlukan kerja sama yang baik dari seluruh komponen pendidikan dalam membimbing dan mengarahkan siswa dalam penggunaan teknologi. Jadikan teknologi sebagal alat atau media untuk belajar, bukan teknologi sebagai pengendali diri.Kata kunci: Realitas Pendidikan, Era Disrupsi, Karakter Siswa
Copyrights © 2023