Sistem pendidikan literasi di Indonesia berfokus pada membaca menulis dan berhitung, hal ini karena salah satu aspek literasi dasar yaitu perceiving and drawing kurang diperhatikan. Kemampuan literasi perceiving and drawing dapat dilatih melalui media belajar menggunakan craft dengan menstimulasi kemampuan motorik halus dan kognitif anak. Sehingga adanya peluang pengembangan media ajar berupa craft kit menggunakan bahan tekstil melalui structure technique jenis teknik tenun (woven) dengan menerapkan konten lokal. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif yaitu, melalui studi literatur untuk mendapatkan data – data terkait penelitian, melalui wawancara kepada narasumber terkait dengan penelitian yang menghasilkan data bahwa masih jarang produk yang menggunakan bahan tekstil, konten lokal dan kebutuhan media pembelajaran selain printable dan activity book, melalui observasi dibeberapa tempat untuk mengetahui perkembangan produk craft kit, serta melalui eksplorasi untuk mendapatkan data mengenai material alat, bahan tekstil dan visual yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media ajar anak berupa craft kit melalui pemerkayaan variasi teknik, material dan visual. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan produk craft kit dengan structure techniques jenis teknik tenun (woven) serta menerapkan konten lokal melalui yaitu pola anyaman polos (plain weave). Kata kunci: anak usia dini, craft kit, literasi, perceiving and drawing, structure technique
Copyrights © 2023