AbstrakSekolah merupakan bagian dari industri jasa pendidikan, tentunya pendekatan terkait harga yang dapat dilakukan adalah pendekatan bauran harga. Adapun dasar pertimbangan penulis melakukan penelitian tentang analisis bauran harga dengan menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis), untuk mengukur bagaimana persepsi calon siswa baru di SMK Telkom 1 Medan terhadap kinerja dan harapan dari strategi bauran harga yang sudah diimplementasikan selama ini.Tujuan penelitian ini untuk melihat kepuasan konsumen terhadap atribut bauran harga yang sudah diimplemntasikan di SMK Telkom 1 Medan melalui metode IPA (Importance Performance Analysis). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pada konsumen diukur dalam kinerja dan harapan yang ditujukan untuk bauran harga pada SMK Telkom 1 Medan, dengan nilai rata-rata kinerja yang responden rasakan sebesar 3,72 sementara harapan dengan hasil nilai rata-rata 3,45. Dapat disimpulkan bahwa responden sudah merasa puas karena nilai rata-rata kinerja yang lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata harapannya. Namun dari seluruh indikator pernyataan yang ada masih terdapat satu indikator pernyataan yang bernilai negatif terkait
Copyrights © 2023