Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur teks resensi dalam video pada kanal BooktubeID, kaidah kebahasaan teks resensi dalam video pada kanal BooktubeID, dan relevansi video pada kanal BooktubeID dengan pembelajaran teks resensi. Subjek penelitian ini ialah lima video sampel kanal BooktubeID, sementara objek penelitian ini adalah unsur-unsur dan kaidah kebahasaan teks resensi yang terdapat dalam video sampel kanal BooktubeID serta relevansinya dengan pembelajaran teks resensi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa metode simak dengan teknik catat dan metode dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Kelima video sampel kanal BooktubeID memiliki unsur-unsur yang sama dengan unsur-unsur pembangun teks resensi, yaitu terdiri atas judul resensi, identitas buku, pendahuluan, isi resensi, dan penutup; (2) Kaidah kebahasaan teks resensi yaitu menggunakan konjungsi penerangan, konjungsi temporal, konjungsi kausalitas, pernyataan saran/rekomendasi, dan kata sifat juga ditemukan pada kelima video sampel kanal BooktubeID; dan (3) Video resensi pada kanal BooktubeID memiliki relevansi dengan silabus Kurikulum 2013 dan dapat memenuhi kriteria pemanfaatan media pembelajaran menurut Pusdiklat Pegawai Kemendikbud, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran teks resensi di kelas XI.
Copyrights © 2022