JEER (Journal of Elementary Educational Research)
Vol 3 No 1 (2023): 2023 Volume 3 No 1

Pengadaan Pojok Baca Sebagai Upaya Membudayakan Literasi Membaca Siswa MI Islamiyah Tuban

Dewi Niswatul Fithriyah (UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI)
Misnawati Misnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa diabaikan. Karena melalui pendidikan, peserta didik akan mendapatkan keluasan pengetahuan. Pengetahuan itu dapat didapatkan melalui berbagai kegiatan. Salah satunya adalah kegiatan literasi membaca. Untuk mensukseskan kegiatan literasi membecaa ini, peserta ddik harus memiliki minat yang kuat. Akan tetapi minat peserta didik dalam hal litearsi membaca masih sangat rendah. Rendahnya minat baca tersebut dipengaruhi oleh berbagai factor intern dan factor ekstern. Salah satu factor intern adalah belum munculnya rasa butuh dan rasa lapar akan membaca. Sedangkan factor ekstern yang mempengaruhi rendahnya minat baca adalah lingkungan sekolah yang kurang mendukung. Oleh karena itu, untuk menumbuhkan minat baca peserta didik adalah dengan menciptakan stimulus yang akan menumbuhkan minat baca peserta didik. Stimulus tersebut adalah dengan pengadaan pojok baca atau perpustakaan mini yang mudah dijangkau oleh peserta didik. Selain mudah dijangkau, pojok baca juga sangat fleksibel karena diletakkan di pojok kelas. Sehingga kegiatan membaca bisa dilakukan setiap saat entah dalam pengawasan pendidik ataupun secara mandiri. Dengan adanya pojok bac aini, diharapkan peserta didik dapat berbudaya literasi membaca sehingga pengetahuan yang dimiliki akan semakin luas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeer

Publisher

Subject

Education Other

Description

Culture and local wisdom based education in elementary schools multicultural context Digital-based Learning Media and Online Learning System (Mathematics, Science, Social Studies, Civics, English, Indonesian, Religious Education, Art, Game and Sport, and Local Content) in Elementary School ...