Journal of Comprehensive Science
Vol. 2 No. 7 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS)

Pengaruh Penerapan Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas I Sd Negeri Tembong Kecamatan Garawangi

Nopianti, Lidiya (Unknown)
Kristi Pramudika Sari, Agatha (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Membaca merupakan suatu cara yang digunakan untuk mendapatkan informasi dari segala sesuatu yang ditulis, bahkan membaca melibatkan pengenalan simbol yang menyusun sebuah Bahasa. Kesulitan yang dialami oleh anak yang mengalami kesulitan dalam membaca yaitu sering menebak-nebak kata, mengganti atau menghilangkan kata, bahkan mereka ragu-ragu dalam membaca kata. Kesulitan tersebut yang mengakibatkan anak tidak mampu memahami isi dari bacaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan metode Fernald terhadap kemampuan membaca pada siswa kelas I sebelum dan sesudah penerapan metode Fernald dan pengaruh kemampuan membaca yang dicapai siswa melalui metode Fernald pada siswa kelas I di SD Negeri Tembong Kecamatan Garawangi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah diambil sebanyak 22 siswa dari kelas I SDN Tembong dan 24 siswa dari kelas I SDN 3 Lengkong. Mengajar dengan menggunakan metode Fernald memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa. Pada kelas eksperimen sebelum menggunakan metode Fernald mendapatkan rata-rata nilai sebesar 51,82, sedangkan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Fernald mendapatkan nilai rata-rata sebesar 81,36. Kemudian kemampuan membaca siswa pada kelas kontrol pada saat pretest mendapatkan rata-rata nilai sebesar 50,62, sedangkan pada saat posttest mendapatkan rata-rata nilai sebesar 55,21. Maka dari itu, terdapat peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 29,54 dari hasil sebelum dan sesudah siswa menggunakan metode Fernald. Hipotesis yang telah di asumsikan dapat diterima, karena terdapat peningkatan kemampuan membaca pada siswa. Maka dari itu, metode Fernald dapat dikatakan efektif untuk digunakan sebagai metode pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcs

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This journal publishes research articles covering multidisciplinary sciences, which includes: Humanities and social sciences, contemporary political science, Educational sciences, religious sciences and philosophy, economics, Engineering sciences, Health sciences, medical sciences, design arts ...