JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati
Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati

REFLEKSI FILOSOFIS, MANISFESTATIF BUDAYA KURIKULUM PENDIDIKAN DI KALIMANTAN TENGAH

Nova Kurniati (Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya)
Alfonso Munte (Universitas Indonesia)
Nova Lady Simanjuntak (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Filosofi Huma Betang sebagai filosofi lokal yang mempunyai kekayaan, pada akhirnya mampu membuat masyarakat di Kalimantan Tengah, termasuk subjek yang berada di SD Negeri Lampeong sebagai sekolah dasar tertua menjadi bertahan, berdaya hingga konsisten dalam mengaktualisasikan dirinya sebagai sekolah dasar humanis. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara sebagai penelitian kualitatif dengan mencari data melalui rekaman audio melalui tuturan/narasi subjek atas pengalaman guru dan murid ketika bertemu dengan keragaman lintasan kurikulum di daerah Kalimantan Tengah. Tujuan penelitian ini untuk memeriksa sejauh mana tuturan narasi tersebut menjadi sebuah kebijakan bagi pihak terkait sehingga SD Negeri Sampeong mampu berdaya dan bertahan dalam kegamangan situasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan hadirnya keberagaman kurikulum sepanjang waktu tidak menjadi sebuah penghambat proses pembelajaran meskipun didera ragam kemandekan, baik di dalam maupun di luar sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPMUKJT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dua kali setahun bulan Juni dan Desember dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2774-616x dan p-ISSN: 2721-1339 Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan ...