Motivasi belajar akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, Peserta didik akan tertarik untuk belajar jika yang di pelajarinya menyenangkan dan sudah diketahui manfaatnya Rendahnya motivasi untuk mengikuti pembelajaran PJOK materi Senam Lantai di kelas IX SMPN 21 Pontianak, dibeberapa siswa membuat pembelajaran menjadi kurang efektif dan menyebabkan rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk untuk meningkatkan motivasi belajar senam lantai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian berjumlah 33 peserta didik, terdapat 19 perempuan dan 14 laki-laki. Instrument peneltian yang digunakan untuk mengkur motivasi adalah angket motivasi belajar. Hasil yang diperoleh pada Siklus I yaitu sebanyak 54% yang meningkat dan pada Siklus II sebanyak 81%. Berdasarkan hasil pembahasan dari data penelitian tentang Meningkatkan Motivasi Belajar Senam Lantai Melalui Pemanasan Berbentuk Permainan, Maka peneliti berkesimpulan terdapat peningkatan Motivasi belajar senam lantai menggunakan model pembelajaran pemanasan berbentuk permainan pada peserta didik di SMPN 21 Pontianak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023