Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh identity awareness training terhadap psychological well-being pada atlet pelajar DBON UNESA. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen dengan pretest-posttest control grup design. Subjek penelitian ini adalah 24 orang atlet DBON UNESA. Penarikan sampel dilakukan dengan sampel jenuh, dimana seluruh anggota populasi menjadi sampel. Data diperoleh melalui pretest dan posttest menggunakan instrumen psychological well-being berdasarkan Ryff yang memuat 42 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-berpasangan dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Nilai gain score kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (39,8 > 2,6). Hasil menunjukkan bahwa identity awareness training mampu menuntun atlet dalam meningkatkan kesejahteraan. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat pengaruh identity awareness training terhadap psychological well-being pada atlet pelajar.
Copyrights © 2023