Tujuan daric penelitian ini adalah untk memahami bagaimana mata pelajaran Agama Islam dan nilai-nilai yang diajarkan di kelas XI dan MAN N 1 Pesawaran. Metode pelaksanaan penelitian menggunakan format penelitian deskriptif. Metde pengumpulan datacyang digunakan adalah observasi, pedomancwawancara, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 16 informan secara deskriptif kualitatif. Hasil peneltian ini menunjukan bahwa tujuan pendidikan Islam dan akhlak identik dengan tujuan pengajaran di kelas. Penerapan nilai-nilai keIslaman dan pendidikan akhlak meliputi membaca Al-Qur'an seblum memulai pelajaran, mengganti bahan pelajaran, mengevaluasi kemajuan siswa, dan menepati tenggat waktu. Evaluasi pelaksanaan pendidikan akhlak dan nilai-nilai keIslaman dengan mengecek langsung kepada peserta didik terkait dengan urutan aturan yang telah disepakati, jika melanggar aturan maka dikenakan sanksi. Kendala dan solusi pelaksanaan pendidikan akhlak dan nilai-nilai Islam, khususnya kurangnya kontrol guru terhdap siswa, sehingga masih ada siswa yang melanggar tata tertib. Solusinya adalah melakukan pengawasan yang lebih baik dan selalu memberikan nasehat, teguran kepada siswa yang melakukan kesalahan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023