Industri perhotelan terus berkembang dan ini membuat persaingan lebih ketat, salah satu strategi yang banyak digunakan oleh para pengusaha dalam melakukan perdagangan yaitu melalui digital marketing/pemasaran online Tujuan penelitian kali ini yaitu untuk mengetahui penerapan digital marketing yang mampu mempengaruhi keputusan pemesanan kamar Hotel Mercure di Samarinda.. Metode penelitiannya yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan teknik purposive sampling. hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan digital marketing pada pemesanan kamar hotel sangat berperan besar karena ketiga subyek penelitian beserta triangulasi cenderung ingin mencari tahu terkait fasilitas hotel yang ditawarkan melalui sosial media dengan melihat foto-foto fasilitas yang tersedia secara virtual karena tidak memungkinkan nuntuk melihat secara langsung dan juga review dari pengunjung lain. Digital marketing yang mempengaruhi keputusan pemesanan kamar adalah sosial media, website resmi hotel, video marketing, mesin pencarian otomatis yang membuat hotel tersebut muncul sebagai pilihan pertama dan juga e-mail marketing. Kemudian keputusan pemesanan kamar juga dipengaruhi dari minat subyek penelitian yaitu minat eksploratif untuk mencari tahu informasi kelebihan dari hotel tersebut, minat transaksional yaitu cenderung melakukan pemesanan ulang dan referensi yaitu ingin merekomendasikan hotel kepada orang lain karena merasa puas dengan pengalaman yang didapatkan.
Copyrights © 2023