SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 15, No 1: Juni 2023

ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS PENGETAHUAN METAKOGNISI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Nadhila Alya Rahmah (Universitas Muhammadiyah Gresik - UMG)
Sarwo Edy (Unknown)
Fatimatul Khikmiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan numerasi peserta didik berdasarkan jenis pengetahuan metakognisi dengan mengacu pada indikator kemampuan numerasi dan disesuaikan dengan tahapan proses penyelesaian masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMAN 1 Cerme Gresik kelas X MIPA-5 dengan melibatkan tiga peserta didik sebagai subjek penelitian, yang masing-masing satu peserta didik mewakili jenis pengetahuan metakognisinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh tiga jenis pengetahuan, pada peserta didik yang mengacu pada tiga indikator kemampuan numerasi yakni : (I1) Kemampuan menganalsis informasi yang disajikan dalam berbagai bentuk yang meliputi : gambar, grafik, tabel, bagan, diagram; (I2) Kemampuan menggunakan simbol atau berbagai macam angka yang terkait dengan matematika dasarndalam mneyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari ; (I3) Kemampuan menafsirkan hasil analisis untuk mengambil keputusan yang tepat. Dengan ini peserta didik dengan jenis pengetahuan deklaratif mampu menguasai dua indikator I1 dan I3, namun kurang menguasai pada satu indikator I2; peserta didik dengan jenis pengetahuan prosedural mampu menguasai semua indikator kemampuan numerasi I1, I2, I3 ; peserta didik dengan jenis pengetahuan kondisional cukup mampu menguasai hanya satu indikator saja I1, sedangkan untuk kedua indikator tergolong tidak mampu menguasai I2, I3.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...