Prokrastinasi akademik sering kali terjadi pada siswa, baik saat memulai mengerjakan maupun menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini terjadi akibat beberapa faktor, salah satunya adalah adanya keyakinan irasional yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keyakinan irasional dengan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa SMAN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMAN 2 Gunung Talang kelas XI dan XII jurusan MIPA dan IPS yang berjumlah 254 siswa dan sampel sebanyak 149 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keyakinan irasional berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 53,7 %. Prokrastinasi akademik juga berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 57 %. Hasil uji hipotesis bernilai signifikan sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,564 yang artinya Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara keyakinan irasional dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok.
Copyrights © 2023