Borneo Islamic Finance and Economics Journal (BIFEJ)
BIFEJ VOL. 1, NO. 1, JUNI 2021

PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE MUSLIMAH DI KOTA SAMARINDA

Dian Susanti (IAIN Samarinda)
Moh Mahrus (IAIN Samarinda)
Angrum Pratiwi (IAIN Samarinda)
Dharma Yanti (IAIN Samarinda)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2021

Abstract

Latar belakang ini adalah Kota Samarinda  yang masyarakatnya mayoritas beragama Islam serta banyak akhwat nya (perempuan), hanya saja tidak semua masyarakat untuk menggunakan jasa transportasi ojek online muslimah dalam bepergian karena masalah keamanan dikarenakan ojek ini dikendarai oleh seorang perempuan. Maka dari itu penulis mengambil studi kasus di Kota Samarinda karena saat ini di Samarinda sedang marak ojek online yang di kendarai oleh perempuan.Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumenjasa transportasi ojek online muslimah di Kota Samarinda, pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen jasa transportasi ojek online muslimah di Kota Samarinda, dan mengetahui variabel mana yang lebih besar berpengaruh terhadap kepuasan konsumenjasa transportasi ojek online muslimah di Kota Samarinda.Setelah dilakukan tinjauan pustaka maupun lapangan dan penyusunan hipotesis, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 87 orang yang pernah menggunakan transportasi ojek online muslimah di kota Samarinda sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah melalui wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket/kuisioner.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F serta koefisien determinasi.Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator pada pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel.Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, linier, tidak terjadi heteroskedastisitas, autokorelasi dan multikolinieritas. Pada uji hipotesis semua variabel independen (kualitas layanan dan harga) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen (tingkat kepuasan konsumen).Selain itu hasil hipotesis juga menunjukan kualitas layanan dan harga berpengaruh secara simultan terhadap tingkat kepuasan konsumen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bifej

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Borneo Islamic Finance and Economics Journal encompasses research articles, original research report, reviews, and scientific commentaries in the field of Islamic Finance and Economics, including: Islamic Economics, Islamic Business, Islamic banking, Islamic capital markets, Islamic wealth ...