JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala
Vol 8, No 2 (2023): JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala (Juni)

Penerapan Pendekatan Pembelajaran Multimodal untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Asing: Sebuah Tinjauan Pustaka

Nadhira Amalia Dewi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Teni Yuniasari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dante Darmawangsa (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dadang Sunendar (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Pendekatan multimodal dalam pembelajaran keterampilan berbahasa adalah pendekatan yang melibatkan berbagai modus untuk mencapai makna dari kegiatan berbahasa. Pendekatan multimodal ini telah banyak diteliti dalam lima tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peluang dan tantangan dalam mengimplementasikan pendekatan pembelajaran multimodal dalam kelas pemahaman membaca bahasa asing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan pustaka tematik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah artikel-artikel penelitian yang ditemukan dari situs basis data Google Scholar dan ResearchGate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran multimodal berpotensi meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik dari aspek kecepatan analisis, pengenalan kosakata, serta tingkat pemahaman. Selain itu, terdapat pula peningkatan sikap positif siswa dan potensi untuk menggabungkan pendekatan multimodal ini dengan metode pembelajaran lainnya. Namun, terlepas dari peluang yang ada, ada juga beberapa tantangan yang dihadapi, termasuk manajemen waktu, kendala dan keterbatasan fasilitas, kebingungan dalam mendesain moda, media, dan tugas, serta preferensi siswa terhadap pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUPE

Publisher

Subject

Education

Description

The Mandala Education Journal is an educational scientific research article and the results of Social research, Science, Politics, and the results of literature ...