MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman
Vol 14, No 1 (2023)

NEED ASSESMENT PENGEMBANGAN VIBELAPREM TERINTEGRASI DENGAN YOUTUBE PADA PELAJARAN IPA DI MI MUHAMMADIYAH BLORAN KARANGANYAR

wasis ginanjar (uin salatiga)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kebutuhan pengembangan video pembelajaran melalui vibelaprem terintegrasi dengan youtube pada pelajaran IPA materi perubahan wujud benda. Metode dalam penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah Bloran Karanganyar berjumlah 26. Instrumen yang digunakan berupa daftar pertanyaan untuk analisis kebutuhan, pedoman wawancara, instrumen soal pretest dan posttest, serta lembar uji coba perorangan, kelompok dan terbatas. Tahapan R&D adalah analisis kebutuhan.Hasil penelitian sebagai berikut; 1) Hasil need assessment menunjukan bahwa vibelapram dibutuhkan siswa. Guru menggunakan media pembelajaran yang kurang menarik dan menggunakan berbagai bentuk fisik belum digital seperti proyektor, gambar, magnet, patung anatomi, kerangka tulang, planet tata surya, peta, tanaman. Untuk mengembangkan penelitian ini, maka perlu adanya keberlanjutan penelitian, yakni sampai pada pengembangan media tersebut dan uji efektifitas media tersebut kepada siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MAGISTRA

Publisher

Subject

Education

Description

MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman — ISSN (print) 2087-2305. diterbitkan oleh Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Keislaman (PKPI2) Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang sebagai media pengembangan kajian tentang ilmu-ilmu pendidikan dasar ...