Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Vol. 13 No. 2 (2023): Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA BERBASIS ICT DI LAB. SCHOOL SMP UNISMUH MAKASSAR

Maria Ulviani (Unknown)
Siti Tahir (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Akram Budiman (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Guru-guru terkait pembuatan media sastra berbasis ICT menggunakan VSDS dan PPT di Lab. School Universitas Muhammadiyah Makassar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu: ceramah bertujuan untuk menyampaikan rangkaian teori dan prosedur pembuatan bahan ajar kesastraan dengan baik dan efektif melalui Microteaching, selanjutnya metode diskusi dan tanya jawab digunakan untuk memudahkan instruktur atau pelaksana untuk menentukan strategi yang diterapkan dalam pembimbingan. Kemudian metode praktik dan penugasan, digunakan untuk memberikan latihan kepada peserta workshop dalam menyusunan media pembelajaran berbasis ICT. Proses pembuatan media pembelajaran berbasis ICT adalah menyiapkan perangkat laptop atau PC yang lengkap dengan jaringan internet, kemudin menyiapkan buku panduan yang dapat digunakan oleh guru dalam menjalankan aplikasi pembuatan media berbasis ICT menggunakan VSDC dan PPT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran TIK merupakan proses pembelajaran yang memakai komputer dan multimedia. Kemudian metode tersebut dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan guru tentang prosedur pengembangan pembelajaran berbasis TIK. Melalui media ini guru akan terbantu menjelaskan cara membaca puisi yang baik sesuai yang ditampakkan oleh media audio-visual yang terkait dengan pembelajaran sastra yang terbatas pada penghafalan teori dan teks.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini diberi nama LITERASI, nama tersebut dipilih sebagai upaya untuk tetap menjadikan keterampilan berbahasa sebagai landasan pengembangan ilmu pengetahuan. Seperti sebuah pernyataan “bahasa sebagai penghela ilmu pengetahuan”. Jurnal LITERASI diterbitkan oleh Prodi Pendidikan ...