Jurnal Visual
Vol 18 No 2 (2023)

Rekomendasi Komunikasi Visual Board Game Edukasi Kue Tradisional untuk Anak-Anak

Vanesya (Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Tarumanagara, Jakarta)
Andreas (Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Tarumanagara, Jakarta)
Anny Valentina (Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Makanan adalah salah satu aset budaya Indonesia, termasuk kue-kue tradisional. Sudah sepatutnya kue tradisional dilestarikan oleh generasi-generasi penerus bangsa. Tetapi seiring berkembangnya zaman, budaya luar negeri mulai masuk ke Indonesia, salah satunya budaya makanan. Anak-anak lebih menyukai jajanan yang modern dan “kekinian” dibanding jajanan dan kue tradisional. Pada kantin sekolah juga jarang menyediakan kue tradisional sebagai opsi jajan anak-anak. Data-data diambil dari hasil wawancara, observasi, dan studi pustaka berkaitan dengan topik. Perancangan visual ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anak-anak usia 6-12 tahun mengenai kue-kue tradisional melalui permainan papan agar kue tradisional tidak terlupakan dan hilang. Metode perancangan yang digunakan adalah 5 Step of Design oleh Robin Landa. Visual permainan papan dibuat agar sesuai dengan tujuan dari perancangan dan selera anak-anak. Perancangan rekomendasi visual menggunakan gaya ilustrasi makanan sebagai visual utama pada permainan. Ilustrasi makanan adalah salah satu jenis ilustrasi yang berfokus pada visualisasi makanan, baik realis maupun kartun yang bisa digunakan pada berbagai media. Permainan papan dibuat agar target lebih mengenal kue tradisional Indonesia sekaligus menumbuhkan minat mereka untuk mencoba kue tradisional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

visual

Publisher

Subject

Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Visual berperan sebagai media yang menampilkan berbagai pemikiran sivitas akademika dan peneliti tentang hal-hal yang memiliki konteks dan relevansi dengan bidang seni rupa dan desain, sekaligus sebagai wahana pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kebudayaan pada umumnya, ...