Penelitian ini dirancang dengan penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre-eksperimental Design yaitu One Group Pretest-posttest Design atau menggunakan satu kelas eksperimen atau perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes evaluasi belajar dan angket respon siswa. Hasil belajar siswa pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi ikatan kimia di SMA Jaya Negara Makassar mengalami peningkatan dari rata-rata nilai pretest 30,64 menjadi rata-rata posttest 81,36 dengan nilai N-Gain yaitu 0,73 dan analisis pada uji t diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi ikatan kimia di SMA Jaya Negara Makassar adalah positif dengan rata-rata persentase siswa yang menjawab ya sebesar 77,2%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022