Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2022): Mei: Al Yazidiy : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Jaya Negara Makassar

Haris Munandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2022

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre-eksperimental Design yaitu One Group Pretest-posttest Design atau menggunakan satu kelas eksperimen atau perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes evaluasi belajar dan angket respon siswa. Hasil belajar siswa pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi ikatan kimia di SMA Jaya Negara Makassar mengalami peningkatan dari rata-rata nilai pretest 30,64 menjadi rata-rata posttest 81,36 dengan nilai N-Gain yaitu 0,73 dan analisis pada uji t diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi ikatan kimia di SMA Jaya Negara Makassar adalah positif dengan rata-rata persentase siswa yang menjawab ya sebesar 77,2%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AY

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Ruang Lingkup Jurnal Al Yazidy yaitu aspek ilmu keislaman secara umum dan tidak terbatas pada aspek tertentu semisal ilmu sosial, humaniora, pendidikan dan lain ...