JCE (Journal of Childhood Education)
Vol 7, No 1 (2023): March-Agust

Penerapan Zona Literasi dan Persiapan dalam Mengembangkan Minat Keaksaraan Awal Anak Usia Dini

Siti Khasiroh (UIN Prof. KH. Saefuddin Zuhri Purwokerto)
Fauzi Fauzi (UIN Prof. KH. Saefuddin Zuhri Purwokerto)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Keaksaraan awal merupakan salah satu kemampuan yang dikembangkan pada anak usia dini, sehingga setiap lembaga pendidikan anak usia dini berupaya mengembangkan kemampuan keaksaraan awal melalui program yang menarik. Keterlambatan stimulasi kemampuan keaksaraan awal berdampak pada keterlambatan kemampuan membaca anak, yang mengakibatkan ketidaksiapan di pendidikan dasar. Zona Literasi dan Persiapan merupakan program yang diterapkan di Busthanul Athfal ‘Aisyiyah Bajong untuk menstimulasi perkembangan minat keaksaraan awal. Penelitian ini bertujuan menjelaskan pemanfaatan Zona Literasi dan Persiapan dalam mengembangkan minat keaksaraan awal anak di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Bajong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan wawancara terhadap pimpinan lembaga, pendidik, anak, dan orangtua. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tekhnik trianggulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa pemanfaatan Zona Literasi dan Persiapan dilakukan menyajikan area lingkungan belajar yang menarik dan stimulasi terprogram. Kegiatannya dilakukan dengan metode bermain yang mampu mengembangkan minat anak terhadap pembelajaran keaksaraan awal. Hal ini ditandai dengan kemampuan anak berkomunikasi secara lisan, memahami simbol-simbol huruf melalui bermain, dapat menggunakan suku kata, kata dan kalimat dalam kegiatan bermain, dapat membaca kalimat sederhana, menuangkan ide/gagasan dalam bentuk coretan dan meningkatkan minat baca.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JCE

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JCE - Journal of Childhood Education aims to provide a forum for international researchers on applied Education and Childhood Growth. Our Journal will accept submission from all over the world. All submitted articles shall never been published elsewhere, original and not under consideration for ...