JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP melalui Pendekatan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA

Astiana Al Azizah (Universitas Negeri Surabaya)
An Nuril Maulida Fauziah (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Penelitian bertujuan menyelidiki efektivitas pendekatan Problem-Based Learning dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP. Metode pembelajaran mendorong siswa untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang konsep sains melalui pemecahan masalah nyata yang autentik. Penelitian dilakukan di sebuah SMP menggunakan satu kelas yang diberikan perlakuan. Model Problem-Based Learning diterapkan dengan menyajikan masalah yang relevan dengan konten sains yang dipelajari. Siswa diberi kesempatan untuk berkolaborasi, berdiskusi, dan mencari solusi kreatif melalui investigasi mandiri. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan proses sains sebelum dan setelah perlakuan pendekatan Problem-Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan proses sains siswa yang mengikuti pendekatan ini. Menghasilkan kemampuan yang lebih baik dalam memprediksi dan menganalisis data. Penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Problem-Based Learning efektif meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Implikasi penelitian ini adalah perlunya menerapkan strategi pembelajaran yang aktif dan berpusat pada siswa, di mana siswa terlibat dalam pemecahan masalah kontekstual untuk mengembangkan keterampilan proses sains. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan pendekatan pembelajaran inovatif dan relevan dalam pendidikan sains di tingkat SMP.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...