JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Peran Public Relations dalam Membangun Keterlibatan Pendengar untuk Program Radio

Winda Kustiawan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nurul Ainun Jannah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sarifah Aini Siregar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Hadromi Alwi Lubis (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Yoga Bali Prawira (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Radio menjadi salah satu media komunikasi yang juga menjadi sarana hiburan bagi masyarakat. Sebagaimana diketahui bersama bahwa radio mengandalkan imajinasi audience melalui audio tanpa adanya visual yang nampak. Sehingga denga demikian, stasiun radio harus mampu membangkitkan kedeketan serta imajinasi para pendengar setianya. Dengan adanya penulisan ini, adapun tujuan penulis yaitu untuk memahami bagaiaman upaya radio melibatkan peran pendengar pada program radio melalui peran aktif seorang PR. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan studi dokumentasi yang menggunakan berbagai kajian literature penelitian terdahulu yang memiliki topik serta tema pembahasan yang sama dengan bahan penulisan kali ini. Hasil yang didapatkan yaitu bahwa seorang PR memiliki peranan yang penting untuk membangun keterlibatan pendengar. Berbagai Upaya tersebut dilakuak dengan memanfaatan social media untuk menjalin interaksi, selain itu juga dengan melakukan kegiatan secara offline serta online untuk bis ameningkatkan keterlibatan pendengar. Tidak hanya itu saja, peran seorang PR juga harus mampu melakukan evaluasi program radio yang tujuannya untuk bisa mendapatkan efektif atau tidaknya program tersebut diimplementasikan kepada pendengar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...