Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 6, No 2 (2023)

Validitas Aplikasi Android dengan Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan

Anistyatun Nur Azizah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Sumbaji Putranto (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android yang valid untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa dengan pendekatan kontekstual. Media pembelajaran ini memuat materi kesebangunan dan kekongruenan yang ditujukan untuk siswa SMP/MTs kelas IX. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model PPE. Tahap PPE meliputi planning (perencanaan), production (produksi), dan evaluation (evaluasi). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu aplikasi android yang diberi nama SEBANGKU (Senang Belajar Kesebangunan dan Kekongruenan). Aplikasi SEBANGKU divalidasi oleh para ahli dan kemudian direvisi oleh peneliti. Penilaian validitas dilakukan oleh tiga ahli materi dan ahli media. Penilaian oleh ahli materi dan media menyimpulkan bahwa aplikasi android SEBANGKU valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi android SEBANGKU layak disebut sebagai aplikasi android untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...