JURNAL SMART ANKes
Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat STIKES Abdi Nusa Pangkalpinang (Juni 2020)

HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN BPJS KESEHATAN PADA POLIKLINIK PENYAKIT DALAM UPTD RUMAH SAKIT DAERAH KELAS C KOTA PANGKALPINANG

Murniani (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2020

Abstract

Rumah sakit adalah bagian integral dari suatu organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan paripurna (komprehensif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pencegahan penyakit (preventif) kepada masyarakat. Kepuasan pasien adalah dapat dinilai berdasarkan interpretasi pasien terhadap pelayanan yang diterima sudah sesuai dengan harapan mereka seperti kelengkapan sarana dan prasarana, keramahan dan kesopanan petugas dalam memberikan pelayanan serta keterampilan petugas pada saat memberikan pelayanan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan BPJS Kesehatan pada Poliklinik Penyakit Dalam UPTD Rumah Sakit Daerah Kelas C Kota Pangkalpinang. Ruang lingkup penelitian terdiri dari lima dimensi kualitas pelayanan yaitu: reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), empathy (empati), dan tangibles (keberwujudan). Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan pengolahan data menggunakan diagram kartesius. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan di poliklinik penyakit dalam di UPTD Rumah Sakit Daerah Kelas C kota pangkalpinang sebanyak 5.685 pasien dengan jumlah sampel 109 responden. Hasilpenelitian memperlihatkan bahwa dari 25 atribut yang di teliti, 6 atribut menempati kuadran A (priorotas utama), 7 atribut menempati kuadran B (pertahankan prestasi), 8 atribut menempati kuadran C (prioritas rendah), dan 4 atribut menempati kuadran D (berlebihan). Tingkat kepuasan pasien Rawat Jalan BPJS Kesehatan pada Poliklinik Penyakit Dalam UPTD Rumah Sakit Daerah Kelas C Kota Pangkalpinang cukup puas dengan nilai rata-rata (2,66). Saran dari penelitian ini diharapkan pihak UPTD Rumah Sakit Daerah Kelas C kota pangkalpinang dapat meningkatan dan mempertahan kualitas pelayanan terhadap pasien BPJS kesehatan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JSA

Publisher

Subject

Health Professions

Description

Jurnal SMART ANKes adalah jurnal yang diterbitkan oleh Biro Riset, Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Universitas Anak Bangsa Pangkalpinang. Jurnal SMART ANKes, adalah Jurnal Ilmiah berkala yang diterbitkan oleh diterbitkan oleh Biro Riset, Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Universitas Anak Bangsa ...