Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa kelas X C SMA N 2 Ende dalam menulis gagasan pendukung yang berbentuk paragraf argumentasi? Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan dan mendeskripsikan kemampuan menulis gagasan pendukung dalam bentuk paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Ende Tahun Ajaran 2021/2022 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena berpijak pada angka- angka. Metode yang digunakan adalah metode tes yakni dengan menggunakan instrumen yang berupa ilustrasi/gambar seorang siswi SMA pecandu narkoba, dari gambar tersebut siswa diminta mendeskripsikan berdasarkan gagasan pendukung dan dibuat ke dalam bentuk paragraf argumentasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data di lapangan dimulai dari peneliti menjelaskan materi kemudian siswa diberikan instrument untuk dikerjakan. Teori yang digunakan adalah teori keterampilan menulis, teori strategi belajar mengajar dan teori evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mampu sebanyak 14 orang dengan persentase sebesar 61% dan siswa yang kurang mampu sebanyak 9 orang dengan persentase sebesar 39%. Dari hasil penelitian ini maka kemampuan menulis gagasan pendukung dalam bentuk paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Ende dikatakan baik dengan rata-rata yang diperoleh adalah 68%.
Copyrights © 2022