Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pengaruh Motivasi Praktik Menggunakan Assessment As Learning Terhadap Prestasi Membuat Kemeja

Emy Budiastuti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Asri Andriarini Nurlita (Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia)
Dian Retnasari (Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia)
Anisa Sintia (Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2023

Abstract

Penerapan model assessment kurang banyak mendapatkan perhatian. Proses assessment dilakukan tanpa melibatkan mahasiswa sehingga mahasiswa kurang tertarik terhadap proses pembelajaran dengan model ini dan hanya mahasiswa yang aktif saja yang mau mengerjakan tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi praktik dengan dierapkannya model assessment as learning terhadap prestasi membuat busana pria atau kemeja. Penelitian ini menerapkan model assessment as learning yaitu untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam pembuatan busana pria. Teknik analisis data menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif terhadap Prestasi. Hal ini sesuai dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai T-statistics sebesar 68.495 ≥ 1.64, maka pengaruhnya positif dan nilai p-value sebesar 0.000 ≤ 0.1 yang berarti signifikan, serta arah positif dari nilai original sample (O) sebesar 0.961. Dengan demikian berarti motivasi praktik dengan diterapkannya model assesment as learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi membuat busana pria.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...