Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Peningkatkan Disiplin Kehadiran Mengajar Guru melalui Penerapan Reward And Punishment

Sarno Sarno (SDN Pagerjurang Ngawen Gunungkidul)
Rahmat Mulyono (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran mengjar guru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian adalah guru-guru di SD Negeri Pagerjurang Ngawen Kabupaten Gunungkidul, sejumlah 8 orang guru, terdiri atas 4 orang guru PNS, 2 orang guru PPPK, 1 orang guru Honor Daerah TK.II Kab/Kota dan 1 orang guru Non PNS. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pemberian reward dan punishment terhadap kedisiplinan kehadiran guru dalam kehadiran di kelas dalam proses pembelajaran oleh kepala sekolah. Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, skala penilaian dan daftar hadir. Observasi digunakan untuk melengkapi data dari wawancara dan pengumpulan dokumentasi, terutama dalam lingkup masalah penelitian, meliputi mengamati impelementasi kebijakan yang berkaitan dengan kedisiplinan guru dalam kehadiran dikelas pada kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil observasi bahwa siklus pertama ini tingkat keterlambatan guru masuk kelas lebih dari 15 menit pada proses kegiatan belajar mengajar masih tinggi yaitu 4 orang atau 50 %. Siklus kedua terdapat 75% guru yang hadir kurang dari 10 menit dan 12,5% guru yang terlambat 10 menit sampai dengan 15 menit. Hasil penelitian dari kondisi awal, siklus I dan siklus II sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa dengan pemberian reward dan punishment dapat meningkat disiplin guru hadir di dalam kelas pada kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Pagerjurang

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...