Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 4, No 2 (2016): Oktober 2016

Model Virtual Laboratory Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa MA

Junaidi Junaidi (Unknown)
Abdul Gani (Unknown)
Mursal Mursal (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2017

Abstract

Penelitian ini tentang penerapan model pembelajaran virtual laboratory berbasis inkuiri dalam membelajarkan konsep gelomban telah di lakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa MA. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi dengan desain ”the matching-only pretest-posttest control group.” Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XII IPA MAN Beureunun tahun pembelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata N-gain hasil belajar kelas eksperimen 0,69 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,49 dengan kategori sedang. N-gain keterampilan generik sains tertinggi kelas eksperimen terjadi pada indikator inferensi logika sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan terendah terjadi pada indikator pengamatan langsung dan kerangka logika taat asas sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol N-gain keterampilan generik sains tertinggi terjadi pada indikator inferensi logika sebesar 0,52 dengan kategori sedang dan terendah terjadi pada indikator pengamatan tak langsung sebesar 0,29 dengan kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran virtual laboratory berbasis inkuiri dapat lebih meningkatkan hasil belajar gelombang dan keterampilan generik sains siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional. Selain itu, tanggapan siswa setelah memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran virtual laboratory berbasis inkuiri pada konsep gelombang berespon positif (sangat baik), dimana siswa merasakan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan memberi nuansa baru dan meningkatkan beberapa indikator keterampilan generik sains.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...