Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan penerapan model PBL berbasis komputer bila dibandingkan dengan peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional serta memperoleh gambaran peningkatan sikap ilmiah peserta didik melalui penerapan model pembelajaran PBL berbasis komputer pada konsep larutan penyangga. Penelitian ini dilakukan dengan metode Quasi Experimental melalui The Matching-Only Pretest-Posttest Control Group Desing. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIPA-2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model PBL berbasis komputer dan XI MIPA-3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest, posttest dan N-gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik, lembar observasi untuk mengetahui sikap ilmiah peserta didik. Hasil uji N-gain kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 72% berada dalam kategori “tinggi”, sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 41% berada dalam kategori “sedang”. Hasil uji homogenitas dan normalitas menunjukkan data berdistribusi homogen dan normal, maka dilakukan uji-t (two independent sample t-test) pada taraf signifikan 0,05 dengan dengan derajat kebebasan 53, diperoleh  ThitungTtabelmaka Ho ditolak, jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar antara kelompok. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar kelas eksperimenlebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil observasi sikap ilmiah peserta didik pada setiap pengamatan kelas eksperimen adalah 73,75, 83,88 dan 88,02%, sedangkan kelas kontrol adalah 59,92, 57,70 dan 58,79%, maka dapat disimpulkan peningkatan sikap ilmiah peserta didik kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan peserta didik kelas kontrol.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016