JURNAL ILMIAH Al BATTANI
Vol 1, No 1 (2015)

Pengaruh Model Pembelajaran Nht Dengan Menggunakan Makromedia Flash Pada Materi Sistem Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN Krueng Geukueh

Fazilah, Zaitun (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2015

Abstract

. PendahuluanTujuan penelitian dalam artikel ini untuk mengetahui aktifitas belajar siswa, hasil belajar siswa, tingkat ketuntasan belajar siswa, dan respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT dengan menggunakan makromedia flash. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA2. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 berjumlah 17 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, tes berbentuk multiple choice dan angket. Teknik analisis data pada lembar observasi dan angket menggunakan teknik persentase, data hasil tes mengunakan teknik uji homogenitas, uji normalitas, uji tes-t, dan ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen yaitu 92,18% lebih tinggi dari pada kelas kontrol yakni 91,6 %; (2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa kelas kontrol diperoleh hasil uji-t yaitu thitung≥ ttabel atau 4,22 ≥ 2,025, maka H0 ditolak dan Ha diterima; (3) Tingkat ketuntasan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan tingkat ketuntasan kelas kontrol, di mana tingkat ketuntasan klasikal kelas eksperimen mencapai 100%, sedangkan tingkat ketuntasan klasikal kelas kontrol 70%; dan (4) Respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT dengan menggunakan makromedia flash yaitu sangat setuju (SS) = 26,6%, setuju (S) = 71,1%, tidak setuju (TS) = 2,2% dan sangat tidak setuju (STS) = 0 %. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Makromedia flash, dan Sistem Koloid

Copyrights © 2015