Permasalahan yang ditemukan di lapangan saat pelaksanaan studi kasus terhadap proses pembelajaran kimia di SMA Negeri 11 Banda Aceh adalah sebagian besar peserta didik tidak mampu menyelesaikan soal-soal untuk memprediksikan terbentuknya endapan. Selain itu, pembelajaran praktikum masih banyak kendala dalam pelaksanaannya diantaranya keterbatasan waktu, khususnya waktu persiapan menjelang praktikum dan alokasi waktu belajar di kelas serta tidak semua topik dalam pembelajaran kimia dapat disampaikan dengan metode praktikum.Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti ingin mengembangkan sebuah media interaktif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan media interaktif berbasis Microsoft Excel terhadap keterampilan proses sains peserta didik  pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan metode Pretest-Postest One Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif berbasis Microsoft Excel yang dikembangkan efektif terhadap keterampilan proses sains peserta didik  pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan nilai rata-rata gain 0,53  pada kategori sedang. Tanggapan peserta didik  terhadap media interaktif berbasis Microsoft Excel yang dikembangkan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan adalah 72,33% sangat setuju.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015