Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 3, No 2 (2015): Oktober 2015

EFEKTIFITAS MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT EXCEL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Nena Puspita Sari (Unknown)
Yusrizal Yusrizal (Unknown)
Ibnu Khaldun (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2017

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan saat pelaksanaan studi kasus terhadap proses pembelajaran kimia di SMA Negeri 11 Banda Aceh adalah sebagian besar peserta didik tidak mampu menyelesaikan soal-soal untuk memprediksikan terbentuknya endapan. Selain itu, pembelajaran praktikum masih banyak kendala dalam pelaksanaannya diantaranya keterbatasan waktu, khususnya waktu persiapan menjelang praktikum dan alokasi waktu belajar di kelas serta tidak semua topik dalam pembelajaran kimia dapat disampaikan dengan metode praktikum.Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti ingin mengembangkan sebuah media interaktif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan media interaktif berbasis Microsoft Excel terhadap keterampilan proses sains peserta didik  pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan metode Pretest-Postest One Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif berbasis Microsoft Excel yang dikembangkan efektif terhadap keterampilan proses sains peserta didik  pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan nilai rata-rata gain 0,53  pada kategori sedang. Tanggapan peserta didik  terhadap media interaktif berbasis Microsoft Excel yang dikembangkan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan adalah 72,33% sangat setuju.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...