Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 3, No 1 (2015): April 2015

PENGEMBANGAN MODUL DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID

Sri Ismulyati (Unknown)
Ibnu Khaldun (Unknown)
Said Munzir (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2017

Abstract

Pengembangan  modul  sistem  koloid  dengan pembelajaran kontekstual bertujuan untuk menghasilkan produk yang dapat meningkatkan motivasi dan  hasil belajar siswa. Metode  penelitian ini  yaitu    metode  eksprimen (true experimental design). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Darul Imarah. Untuk sumber data dan sampel penelitian  diambil  siswa kelas IPA-1 dan kelas XI IPA-4 berjumlah 68 siswa, dan guru-guru 5 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pretes-postest, angket modul, dan angket motivasi. Hasil reviev dari para ahli tentang sistematika penulisan, bahasa, isi, dan desain modul menyatakan bahwa modul sistem koloid dengan pembelajaran kontekstual yang  disusun  telah layak memenuhi aspek kelayakan baik dari segi teoritis maupun dari segi empiris, sedangkan untuk instrumen membutuhkan tahapan validasi oleh pakar dan hasil ujicoba pada sekolah yang sama dengan sekolah penelitian. Uji teknik independent sampel t-tes yaitu t hitung= -5,676 t tabel= -2,00.  Uji Mann Witney mengalami peningkatan dengan  perbedaan rata-rata  yaitu dari 24,50 (kelas kontrol) menjadi 43,93 (kelas eksperimen). Motivasi dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan modul pembelajaran kontekstual pada materi sistem koloid lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi kelas kontrol dengan penggunaan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...