Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 3, No 1 (2015): April 2015

PENGEMBANGAN VIDEO PENGOLAHAN EMAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MUATAN LOKAL UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PEMAHAMAN DAN RESPON SISWA TERHADAP KELESTARIAN LINGKUNGAN

Ainun Mardziah (Unknown)
Adlim Adlim (Unknown)
Mahidin Mahidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2017

Abstract

Menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap sumber daya alam dapat dilakukan dengan mengembangkan kurikulum dan pembelajaran muatan lokal yang mengintegrasikan konsep lingkungan hidup. Kenyataannya, hampir seluruh sekolah di Aceh Jaya belum mengembangkan kurikulum muatan lokal yang berorientasi terhadap lingkungan. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan video pengolahan emas yang layak digunakan sebagai media pembelajaran serta untuk mengetahui tingkat pemahaman dan respon siswa terhadap video tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R and D). Kelayakan media dinilai dari segi materi, narasi, penggunaan bahasa, efek suara, visualisasi, penyajian, dan kepraktisan. Penilaian kelayakan video dilakukan oleh 2 orang validator. Respon siswa meliputi minat belajar dengan menggunakan video pembelajaran dan sikap siswa terhadap lingkungan setelah menyaksikan video pembelajaran pengolahan emas. Pengumpulan data respon siswa dilakukan dengan menggunakan angket. Tingkat pemahaman siswa yang diukur adalah tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran dalam video menggunakan instrumen soal uji pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran pengolahan emas dinyatakan layak, dengan total validasi 93,84%. Minat belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata 90,53% siswa tertarik terhadap video tersebut, sedangkan sikap siswa terhadap lingkungan menunjukkan bahwa rata-rata 97,12% siswa memberi respon positif atau perduli terhadap kelestarian lingkungan. Hasil perolehan nilai uji pemahaman menunjukkan sangat baik dengan nilai ketuntasan sebanyak 86,28%. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa video pengolahan emas layak digunakan dan dapat memudahkan siswa memahami materi ajar serta memberikan respon positif terhadap kepedulian lingkungan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...