Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 4, No 1 (2016): APRIL 2016

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI SISWA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA MATERI KALOR KELAS X SMAN 11 BANDA ACEH

Nelly Shahromi Yanti (Unknown)
Yusrizal Yusrizal (Unknown)
Abdul Gani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2017

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan motivasi siswa pada materi kalor ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian dilakukan di SMAN 11 Banda Aceh. Kedua kelas yaitu kelas laki-laki dan perempuan menggunakan metode inkuiri terbimbing. Metode yang digunakan adalah one-group pretest posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes uraian yaitu untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif serta angket untuk motivasi peserta didik dengan model inkuiri terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kelompok peserta didik laki-laki dan perempuan terhadap keterampilan berpikir kreatif dengan model inkuiri terbimbing dan motivasi siswa pada materi kalor dengan nilai signifikansi 0,05 dan Fhitung (1,85) Ftabel (1,93). Peningkatan ketrampilan berpikir kreatif memiliki rata-rata kelas kelas sebesar 89,14 dengan N-Gain bernilai 84,43% berkategori tinggi. Rata - rata keterampilan berpikir kreatif kelas laki-laki meningkat sebesar 85 dengan N-Gain 78,82% berkategori tinggi. Teramati bahwa model inkuiri terbimbinguntuk meningaktkan berpikir kreatif lebih baik diterapkan pada kelas perempuan. Pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai rerata motivasi belajar kelas perempuan meningkat sebesar 3,3% sedangkan nilai rerata motivasi belajar pada kelas laki-laki menurun sebesar 3% dengan masing-masing kategori tinggi. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...