Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 5, No 1 (2017): April 2017

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN KIMIA SMA

Sabrina Hayatun Nufus (Unknown)
Abdul Gani (Unknown)
Suhendrayatna Suhendrayatna (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap bentuk lembar observasi dilengkapi rubrik penilaian yang berbasis kurikulum 2013.  Pelaksanaan penelitian melibatkan  30 orang peserta didik kelas X-MIA-3 di SMA Negeri 3 dan  16 orang guru kimia dari delapan SMA Negeri di Kota Banda Aceh. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan model Plomp yang ditandai dengan studi pendahuluan, tahap pengembangan meliputi fase desain, realisasi, tes, revisi dan implementasi, serta evaluasi. Hasil validasi pakar menunjukkan bahwa instrumen penilaian sudah layak untuk diuji coba penggunaannya. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas dan reliabilitas instrumen penilaian sikap yang diperoleh secara berturut-turut ialah 0,55 dan 0,71. Hasil evaluasi oleh  guru untuk  kualitas isi, metode penulisan/kebahasaan, dan keterlaksanaan memperlihatkan bahwa instrumen penilaian sikap yang dikembangkan dapat dikategorikan sangat baik dengan capaian skor akhir rata-rata diatas 3,25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan instrumen penilaian sikap yang dikembangkan sudah layak digunakan  dalam proses pembelajaran kimia.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...