Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan sikap ilmiah peserta didik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan implementasi model pembelajaran problem based learning (PBL), serta memperoleh gambaran respon peserta didik terhadap implementasi modeltersebut. Penelitian ini dilakukan denganmetode quasi eksperimendesignmelalui nonequivalent pretest-posttest control group design yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Peudada Kabupaten Bireuen. Populasi dalam penelitian ini sekaligus dijadikan sebagai sampel penelitian (sampel total). Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, lembar observasi untuk mengetahui sikap ilmiah peserta didik, serta angket untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran PBL. Berdasarkan analisis nilai N-gainhasil belajar untuk kelompok eksperimen sebesar 73,34% termasuk pada kategori sedang, dan untuk kelompok kontrol diperoleh Ngain sebesar 61,11% termasuk kategori sedang. Secara deskriptif sikap ilmiah peserta didik juga menunjukkan adanya perbedaan yaitu kelompok eksperimen menunjukkan sikap ilmiah yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Peserta didik juga memberikan tanggapan yangbaik terhadap implementasi model PBL, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah peserta didik.
Copyrights © 2016