Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 5, No 1 (2017): April 2017

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI SMA NEGERI 1 SUKAMAKMUR ACEH BESAR

Athaillah Athaillah (Unknown)
Ibnu Khaldun (Unknown)
Mursal Mursal (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi listrik dinamis dengan menggunakan laboratorium virtual. Penelitian ini dilakukan dengan metode True Experimental, dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan dua kelompok belajar yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana sampel kedua kelas ini dipilih secara random. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sukamakmur Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan soal berupa pilihan ganda untuk melihat peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi listrik dinamis. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan laboratorium virtual dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini terlihat dari perolehan persentase kategori N-Gain bahwa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Peningkatan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen ditinjau dari indikator pemahaman, menunjukkan bahwa indikator ekstrapolasi mengalami peningkatan paling tinggi, yaitu mencapai 84% untuk kelas eksperimen, dan kelas kontrol sebesar 65%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...