Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 3, No 1 (2015): April 2015

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER BERBASIS SIMULASI PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PhET) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS

Syarifah Rita Zahara (Unknown)
Yusrizal Yusrizal (Unknown)
Adi Rahwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keterampilan berfikir kritis pada pelajaran fisika konsep fluida statis dengan menggunakan media komputer berbasis simulasi PhET dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan desain kontrol group pretes postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yang memiliki kemampuan yang sama, tanpa mengacak siswa tiap kelasnya. Pengelompokan sampel terdiri dari dua kelas di sekolah MAN Rukoh Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal pretes dan postes. Hasil uji t menunjukkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya perbedaan peningkatan hasil belajar dan keterampilan berfikir kritis siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen yang menggunakan simulasi PhET mengalami peningkatan hasil belajar dan keterampilan berfikir kritis yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...