Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari dampak perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang melalui penggunaan media TIK slide powerpoint dan alat peraga sederhana dan selanjutnya juga ingin diketahui  tanggapan siswa terhadap penggunaan media TIK slide powerpoint dan alat peraga sederhana. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan pretes dan postes control group design yang dilaksanakan di kelas VIII salah satu SMP Negeri di Kabupaten Aceh Utara pada tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel berdasarkan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui  pretes dan postes untuk mengamati peningkatan hasil belajar pembelajaran. Angket digunakan  untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan media TIK slide powerpoint dan alat sederhana. Analisis data menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi dan hasil belajar antara kelas media TIK slide powerpoint dan alat sederhana pada siswa SMP. Mayoritas siswa kurang merespon positif terhadap media TIK slide powerpoint dan alat sederhana.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015