Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini
Vol 3, No 2 (2023): JUNI

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL KONSEP BENTUK MELALUI METODE BERMAIN KLASIFIKASI

Yulia Sri Ulpah (ULM)
sunarno sunarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bentuk. Untuk mengatasinya peneliti mengenalkan konsep bentuk melalui metode bermain klasifikasi. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif siswa, aktivitas guru dan aktivitas anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kriteria (PTK), yang dilakukan sebanyak 2 siklus dan pada tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A RA Bustanul Ulum 2 sebanyak 8 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru berhasil mencapai skor “24” dengan kategori “Sangat Baik”, aktivitas anak secara klasikal berhasil mencapai kategori “Sangat Aktif” dengan persentase 82%. Dan hasil perkembangan anak berhasil mencapai kategori “Berkembang Sangat Aktif” dengan persentase 81%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jikad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) merupakan kumpulan artikel/jurnal tugas akhir mahasiswa PG PAUD di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. JIKAD mulai diterbitkan pada tahun 2021 di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas ...