Among Makarti
Vol 16, No 1 (2023): AMONG MAKARTI

EFEKTIVITAS BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK TABUNGAN HAJI DI BANK MUAMALAT KANTOR CABANG PEMBANTU TULUNGAGUNG

Nuraini, Minggir Rahma (Unknown)
Manunggal, Syafrudin Arif Marah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh  perkembangan jumlah nasabah tabungan haji di Bank Muamalat KCP Tulungagung yang mengalami fluktuasi disebabkan efek dari pandemi covid serta adanya persaingan antar bank syariah lain. Pemasaran produk tabungan haji di Bank Muamalat KCP Tulungagung menerapkan strategi pemasaran dengan mengimplementasikan strategi bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan bauran pemasaran serta ke efektivitasannya  terhadap peningkatan jumlah nasabah tabungan haji yang terjadi di Bank Muamalat KCP Tulungagung. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif dimana data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan bauran pemasaran yang dilakukan Bank Muamalat KCP Tulungagung menggunakan 7P (product, place, price, promotion, people, process, physical avidance) terbuktif efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji. Hal ini berdasarkan pengukuran efektivitas terhadap pencapaiaHajijuan yang efektif  berdasarkan 3 kriteria yaitu, pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ama

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Among Makarti adalah jurnal ilmiah bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan isu – isu terkini terkait dengan penelitian dibidang ekonomi dan bisnis. Secara khusus cakupan jurnal Among Makarti adalah : a. Di bidang bisnis, kami menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup sebagai berikut: 1. ...