Pendidikan pada masa sekarang merupakan salah satu penentu kemajuan suatu negara. Negara yang memiliki anak-anak cerdas akan membantu pembangunan di masa mendatang, generasi penerus yang akan menjadi kebanggaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran PIMCA berbasis MR-SR dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem kelistrikan (listrik statis). Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Tempat penelitian dilaksanakan di SMP GPdI Berea Tondano pada siswa kelas IX. Subjek penelitian berjumlah 26 siswa. Data penelitian diperoleh dari data pretest, posttest dan siklus I. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 secara klasikal keseluruhan dari 26 siswa sudah sangat baik dan memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 75 pada materi kelistrikan (listrik statis). Hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PIMCA berbasis MR-SR dapat meningkatkan hasil belajar materi sistem kelistrikan (listrik statis) pada mata pelajaran IPA siswa kelas IX SMP GPdI Berea Tondano.
Copyrights © 2023