Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui validitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Strategi Pengintegrasian Bentuk-Bentuk Scaffolding pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development dengan rancangan 4-D (define, design, develop, disseminate) yang terbatas pada tahap develop yaitu validasi oleh ahli materi dan praktisi lapangan dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan tidak dapat melakukan uji coba produk. Sasaran penelitian yaitu Lembar Kerja Siswa pada materi Sistem Ekskresi Manusia untuk kelas VIII SMP/MTs. Teknik pengumpulan data melalui uji validasi menggunakan instrumen lembar validasi. Data hasil validasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan memperoleh nilai validitas 3,54 (valid) yang terdiri atas: (1) aspek topik dengan kriteria sangat baik; (2) aspek tujuan dengan kriteria sangat baik; (3) aspek organisasi dan isi dengan kriteria baik; (4) aspek pengintegrasian bentuk-bentuk scaffolding dengan kriteria sangat baik; (5) aspek melatihkan keterampilan berpikir kritis dengan kriteria sangat baik; (6) aspek pertanyaan dengan kriteria baik; (7) aspek kegrafisan dengan kriteria sangat baik; (8) dan aspek kebahasaan dengan kriteria baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa Berbasis Strategi Pengintegrasian Bentuk-Bentuk Scaffolding pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis yang dikembangkan dinyatakan “valid†atau layak diujicobakan dengan modus kriteria seluruh aspek “sangat baikâ€
Copyrights © 2023