Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Peran Guru PPKn Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa di SMP Negeri 3 Rangsang Kepulauan Meranti Riau (Studi Kasus Pulau Terluar Indonesia)

Siti Nurlela (Universitas Riau)
Jumili Arianto (Universitas Riau)
Supentri Supentri (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena sikap nasionalisme siswa di SMP Negeri 3 Rangsang. Bahwa daerah ini berada di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Sehingga muncul indikasi rasa nasionalisme yang rendah. Terlihat bahwa siswa jarang mau bermain dengan teman yang berbeda suku, selalu menggunakan produk luar negeri dari Malaysia, jarang menggunakan bahasa Indonesia di lingkungan sekolah dan tidak serius mengikuti upacara. Rumusan masalah penelitian adalah apakah ada pengaruh peran guru PPKn terhadap sikap nasionalisme siswa di SMP Negeri 3 Rangsang. Tujuan Penelitian guna mengetahui apakah ada pengaruh peran guru PPKn terhadap sikap nasionalisme siswa. Populasi penelitian yakni siswa SMP Negeri 3 Rangsang berjumlah 144 siswa. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa dan 3 guru PPKn. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional sampling yakni mengambil 25% dari jumlah keseluruhan populasi. Metode penelitian ialah deskriptif kuantitatif, instrumen pengumpulan data yakni observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa hasil uji t diperoleh t hitung sebesar 2,076 dan t tabel sebesar 2,03. Artinya t hitung > t tabel. maka hipotesis penelitian ini di terima bahwa ada pengaruh peran guru PPKn terhadap sikap nasionalisme siswa di SMP Negeri 3 Rangsang dan dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh bahwa pengaruh peran guru PPKn terhadap sikap nasionalisme siswa sebesar 11,2%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...