Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan minat belajar tematik kelas III SDN Karanganyar Gunung 02. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Karanganyar Gunung 02. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan minat belajar tematik peserta didik di kelas III SDN Karanganyar Gunung 02, dengan menerapkan cara 1) Menggunakan metode yang bervariasi, 2) Menciptakan persaingan atau kompetisi, 3) Memberi uang/penilaian, 4)Memberi nilai atau angka , 5) Memberitahukan hasil belajar peserta diidk, 6) Memberi Hadiah 7) Memberi Pujian dan 8) Memberi Hukuman jika tidak mengerjakan tugas. Siswa telah memiliki rasa percaya diri yang baik melalui kegiatan bertanya dan memberi tanggapan pada saat dilakukan pada proses pembelajaran, mengharuskan guru sangat berperan dalam mendistribusikan materi secara aktif kepada siswa dengan semenarik mungkin, baik menggunakan media untuk memaparkan materi agar siswa memiliki antusias dalam mengikuti pembelajaran. Peran guru sebagai motivator dalam proses pembelajaran tematik sudah berjalan dengan baik hal tersebut dapat dilihat dengan adanya sistem pembelajaran berkelompok sesuai dengan jadwal yang sudah disetujui. Pembelajaran ini sangat efektif untuk mengusir kejenuhan siswa dalam belajar. dengan adanya pembelajaran tersebut guru telah melaksakan hal itu sebagai motivator bagi peserta didiknya.
Copyrights © 2023