Sampah plastik telah menjadi masalah serius di banyak negara, termasuk Indonesia. Plastik sebagai bahan anorganik buatan, memiliki sifat sulit terurai secara alami dan mencemari lingkungan. Di Indonesia, penggunaan plastik semakin meningkat dalam berbagai kebutuhan. Dampaknya, banyak masyarakat yang membuang sampah plastik ke perairan, mengontaminasi air laut dengan mikro plastik serta menyebabkan air sungai terjadi penyumbatan dan banjir. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi Trashbank berbasis mobile sebagai solusi untuk mengurangi jumlah sampah plastik di Indonesia menggunakan pendekatan Design Thinking. Hasil penelitian ini berupa prototype aplikasi TrashBank yang menawarkan pengalaman pengguna yang inovatif dan efektif dalam mendaur ulang sampah. Pengujian dilakukan dengan menerapkan tiga skenario tugas kepada tiga partisipan yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Hasil dari pengujian dievaluasi menggunakan parameter Single Ease Question (SEQ), di mana partisipan memberikan skor terhadap alur dan tampilan aplikasi TrashBank. Rata-rata skor yang diberikan oleh tiga partisipan adalah 6.3 dari skala maksimum 7, menunjukkan bahwa alur pengguna dan tampilan aplikasi TrashBank telah dinilai baik serta dapat diterima oleh para calon pengguna.
Copyrights © 2023