Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran geografi mempengaruhi kemampuan berpikir spasial siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang memiliki desain eksperimen, Quasi experiment by giving posttest only control group design by using two groups dimana sampel penelitiannya adalah kelas XII IPS sebagai group eksperimen dan XII MIA adalah kelas kontrol. Tes kemampuan penalaran spasial diberikan setelah perlakuan kedua kelas. Tes diberikan dengan soal essay menggunakan indikator kemampuan penalaran spasial. Teknik analisis data menggunakan SPSS 16.0 for Windows dengan uji-t (Independent Sample T-test). Hasil penelitian menunjukkan, rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata-rata kelas eksperimen adalah 78,09 dan kelas kontrol adalah 69,16, sehingga selisih kelas adalah 8,93%. Berdasarkan hasil analisis data Uji-T, penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan memetakan kemampuan, minat, dan gaya/kebutuhan belajar siswa pada pembelajaran geografi ternyata berpengaruh terhadap penalaran spasial keterampilan Siswa Kelas XII IIS SMA Negeri 2 Sungai Apit.
Copyrights © 2023