Tulisan ini Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi masalah learning loss pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah (MTS) YAPDI Padang Bulan Medan Baru pasca pandemi. Learning loss adalah fenomena penurunan kemampuan belajar dan pemahaman siswa akibat pembelajaran jarak jauh dan penurunan interaksi langsung antara guru dan siswa selama pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru Sejarah Kebudayaan Islam di MTS YAPDI Padang Bulan Medan Baru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah menerapkan beberapa strategi untuk mengatasi masalah learning loss. Hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman bagi guru dalam mengatasi masalah learning loss pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS YAPDI Padang Bulan Medan Baru pasca pandemi. Diharapkan dengan penerapan strategi ini, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik dan pemulihan yang efektif dalam pembelajaran mereka. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan sumbangan kepada pengembangan pendidikan di era pasca pandemi dan situasi pembelajaran yang serupa.
Copyrights © 2023