Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 4 No 2 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE TPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PEMBELAJARAN KUG

Geri Hibatullah (Universitas Negeri Padang)
Revian Body (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Permasalahan yang ada pada mata pelajaran Konstruksi Utilitas Gedung di kelas XI DPIB SMK Dhuafa Padang adalah penggunaan model pembelajaran yang belum sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kurangnya pemahaman materi yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Type Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar Konstruksi Utilitas Gedung siswa Kelas XI DPIB SMK Dhuafa Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi experiment, atau eksperimen semu dengan desain Grup Kontrol Pretest-Posttest. Penelitian ini melibatkan siswa Kelas XI SMK Dhuafa Padang tahun ajaran 2022/2023, yang terdiri dari siswa kelas XI DPIB A dan XI DPIB B. Pengujian instrumen dilakukan di SMK Negeri 1 Lintau Buo, pada Kelas XI DPIB yang berjumlah 30 orang siswa. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan tes hasil belajar yang terdiri dari 26 soal objektif yang mencakup pretest, posttest, dan gain score. Data yang dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan hasil penelitian t-test didapatkan (2,151) ≥ (2,048) menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share Cooperative Type (TPS) mempengaruhi hasil belajar Konstruksi Utilitas Gedung di kelas XI DPIB SMK Dhuafa Padang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...