Tujuan penelitian untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berorientasi model Problem Based Learning bermuatan karakter yang efektif dtinjau dari hasil belajar ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Jenis penelitian mengadopsi model pengembangan Plomp. Penelitian dilakukan untuk peserta didik kelas XI MIA SMA. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi sikap dengan 6 indikator, tes tertulis berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 butir soal dengan tingkatan kognitif  tinggi, dan penilaian unjuk kerja. Pengolahan data memakai rumus persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata nilai hasil belajar ranah sikap adalah 83,54% (efektif). Untuk ranah pengetahuan, rata-rata nilainya adalah 81,13% (efektif) serta 87,5% peserta didik telah melebihi KKM. Rata-rata nilai hasil belajar ranah keterampilan adalah 89,6% (efektif). Disimpulkan bahwa pengembangan produk telah efektif dari aspek hasil belajar peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020